ITDC Dukung Penuh Indonesia Gastrodiplomacy Series

Selasa, 02 Juli 2024 : 09.25

 

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) mendukung penuh penyelenggaraan event Indonesia Gastrodiplomacy Series (IGS).(foto/ist)

INIBALI.COM - Sebagai bagian dari upaya pengembangan pariwisata di Nusa Tenggara Timur (NTT), PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) mendukung penuh penyelenggaraan event Indonesia Gastrodiplomacy Series (IGS). Indonesia Gastrodiplomacy Series dihadiri oleh para Duta Besar dan Pejabat Perwakilan Negara Asing dari 23 negara mitra Indonesia. 

IGS merupakan inisiatif dari Direktorat Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI untuk meningkatkan citra Indonesia di mata publik internasional dengan mempromosikan potensi berbagai daerah di bidang ekonomi, pariwisata, budaya, dan kuliner.

Kegiatan ini adalah kolaborasi lintas stakeholder yang bertujuan untuk membangun jejaring positif antara mitra konstituen asing dan stakeholder setempat. Pemilihan NTT sebagai lokasi penyelenggaraan kegiatan didorong oleh kekayaan kuliner dan rempah-rempahnya, serta potensi besar NTT di sektor ekonomi, industri kreatif, budaya, dan pariwisata.

Direktur Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI, Ani Nigeriawati, menyatakan bahwa melalui Indonesia Gastrodiplomacy Series, Indonesia memperkuat jaringan internasional dan memperluas pemahaman tentang keanekaragaman kuliner Indonesia sebagai bagian integral dari diplomasi publik. "Kami berharap kerjasama ini akan terus memperkaya hubungan bilateral dan multilateral serta memperkuat posisi Indonesia sebagai tujuan utama dalam ranah kuliner dan pariwisata internasional," ujarnya.

Direktur Utama ITDC, Ari Respati, menyampaikan bahwa IGS tidak hanya mempromosikan kekayaan kuliner dan rempah-rempah Nusa Tenggara Timur, tetapi juga sebagai wadah untuk menawarkan investasi dan kerjasama jangka panjang. "Kami berharap melalui acara ini, ITDC dapat lebih memperkenalkan dan memperkuat citra The Golo Mori sebagai salah satu destinasi pariwisata 'Sustainable Marine-Based MICE Tourism Destination," jelasnya.

Ari juga menambahkan bahwa ITDC berkomitmen mempromosikan budaya dan warisan budaya Indonesia melalui inisiatif seperti Indonesia Gastrodiplomacy Series yang menampilkan tradisi kuliner dengan kekayaan dan keberagaman budaya kepada dunia, sehingga meningkatkan citra global Indonesia sebagai destinasi wisata dunia dan The Golo Mori sebagai lokasi tujuan MICE berkelas internasional.(nik)